Batu Akik Adalah Batu Permata Setengah Mulia

 

Mengenal Keindahan Batu Akik Indonesia



Masih banyak pecinta dan kolektor batu menyebut akik untuk mewakili semua jenis batu-batu mulia yang sering dipakai untuk mata cincin. Hal tersebut dikoreksi oleh Geolog sekaligus ahli batu mulia, Sujatmiko.

Menurut Sujatmiko, akik merupakan salah satu jenis batu mulia. Akik dikenal dengan nama agate. "Akik salah satu dari anggota batu mulia. Batu yang dimuliakan," kata Sujatmiko di Bandung, Jumat (27/3/2015) kemarin.

Setelah diproses, lanjut Sujatmiko, batu mulia menjadi batu permata. Dengan kata lain, akik atau agate merupakan batu permata setelah menjadi mata cincin. "Batu permata ada dua. Permata mulia dan setengah mulia," ungkap dia.

Jika diklasifikasikan lagi, batu permata mulia adalah intan, berlian (diamond), rubi, safir dan jamrud (emerald). Sementara akik atau agate dan batu kuarsa lainnya masuk ke dalam batu permata setengah mulia. "Kalau kekerasaannya skala tujuh mohs atau kurang dari tujuh mohs itu masuknya batu permata setengah mulia," ucap dia.
Batu Akik Adalah Batu Permata Setengah Mulia Batu Akik Adalah Batu Permata Setengah Mulia Reviewed by Kwanyar News on 02:36 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Kwanyar News. Powered by Blogger.