Batu Bacan Termahal Di Indonesia

 

Batu Bacan Dihargai Sampai Rp3 Milyar


Salah satu jenis batu akik yang banyak diburu oleh penggemar batu mulia adalah batu bacan. Istimewanya dari batu bacan adalah, ia masih terus berproses dan ‘hidup’ menyerap energi yang ada di sekitarnya. Tak heran batu yang menjadi salah satu kekayaan alam dari Maluku Utara ini dijual dengan harga yang mahal.

Bacan sendiri konon berasal dari nama sebuah pulau yang ada di wilayah Maluku, sekaligus sebuah kerajaan yang bertahta. 

Karena batuan asal Kerajaan Bacan terkenal indah hingga ke mancanegara, maka hingga kini batuan asal wilayah tersebut masih banyak diburu dan dijadikan koleksi.

Salah satunya adalah yang dimiliki oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kabar yang berhembus di kalangan pecinta bacan, batu milik Pak SBY itu tergolong langka yakni dari jenis bacan doko sehingga dibanderol berkisar harga Rp3 miliar.

Keberadaan bacan asli Maluku hingga kini makin berkurang dan menjadi cukup langka karena telah dieksploitasi sejak abad pertengahan.


Bacan asli akan mampu terus berproses walau sudah dijadikan batu cincin atau perhiasan. Misalnya jika bacan disandingkan dengan pengikat emas, maka ia akan menyerap partikel emas yang ada, sehingga lama kelamaan di dalam bacan akan terlihat partikel emas kecil.

Proses kristalisasi bacan juga terus berlangsung, makin lama ia akan makin bening dan berkilau. Ini biasanya terjadi pada batu bacan doko. Tak heran keistimewaan ini menyebabkan bacan makin dicari dan harganya makin melonjak.
Batu Bacan Termahal Di Indonesia Batu Bacan Termahal Di Indonesia Reviewed by Unknown on 11:06 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Kwanyar News. Powered by Blogger.