Batu Akik Bergambar kapal Lancang Kuning

 

Batu Akik Laksamana Indragiri bergambar kapal Lancang Kuning


Batu akik sudah tak asing lagi di telinga masyarakat semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga ibu-ibu rumah tangga dan ibu pejabat juga doyan menggunakan batu akik sebagai pemanis jari sekaligus ajang pamer saat nongkrong.

Di propinsi Riau tiap-tiap daerah kabupaten memiliki jenis batu akik tersendiri, seperti di kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang terkenal dengan julukan kota bersejarah ini, memiliki batu dengan nama Laksamana Indragiri.

Setelah digelar pameran kejuaraan, Batu Akik Bergambar Kapal laksamana Indragiri mendapat peringkat kedua se-Riau, urutan setelah batu blue Rokan dari kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Kedua daerah ini memiliki masing-masing sungai yang terdapat batu akik di dalamnya.

"Saya dapat batu akik bergambar kapal  ini, kenang-kenangan dari seorang teman. Barter dengan batu bacan yang saya miliki sebelumnya. Setelah saya lihat batu Laksamana Indragiri, saya tukar dengan batu Laksamana Indragiri ini," ujar wakil ketua DPRD Inhu, Adila Ansori, saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (16/4).

Menurut politisi partai Demokrat ini, batu Laksamana Indragiri memiliki suatu khas yang tak dimiliki batu akik lainnya. Sebab, berbagai macam motif dan bentuk dari batu itu menjadi daya tarik pecinta batu.


"Dari puluhan batu koleksi saya, batu laksamana Indragiri ini yang saya gunakan di jari saya, dilirik-lirik oleh teman saat nongkrong di warung kopi," kata Adila.

Batu laksamana Indragiri yang dimiliki Adila bergambar lambang kapal Lancang Kuning, yang memiliki sejarah di zaman terdahulu. Lambang ini diketahui sebagai simbol kegagahan propinsi Riau sebagai negeri Melayu yang kental dengan kerajaan Indragiri yang dipimpin Raja Narasinga. Saking lekat citranya, lagu 'Lancang Kuning' menjadi lagu daerah Riau yang kerap didendangkan saat acara-acara kedaerahan dan adat istiadat.

Bapak tiga anak ini mengaku tak ingin menjualnya."Tidak mungkin saya jual. Ini koleksi pribadi saya, lagian saya suka sekali dengan batu ini, selain batu khas daerah saya sendiri, gambar dan kualitasnya juga tidak kalah saing dengan batu akik daerah lain," pungkas Adila.
Batu Akik Bergambar kapal Lancang Kuning Batu Akik Bergambar kapal Lancang Kuning Reviewed by Unknown on 01:44 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Kwanyar News. Powered by Blogger.