Batu Permata Opal Australia

 

Batu Opal Dari Australia


Warna-warni pelangi terpancar dari batu opal, Batu Permata Australia. Menurut legenda Aborigin, warna-warni yang terpantul ini tercipta saat pelangi jatuh ke bumi. Australia menghasilkan 95% batu opal dunia, yang menjadikan batu yang mempesona ini sebagai cendera mata khas Australia. 

Batu permata ini berkisar dari batu putih biasa atau opal ‘susu’ yang ditemukan di Coober Pedy hingga opal hitam langka yang ditemukan di Lightning Ridge. Kunjungi ladang-ladang opal kami yang ternama atau beli batu opal di toko khusus di berbagai penjuru negeri.


Semua kota besar dan pusat wisatawan di Australia memiliki toko khusus di mana Anda bisa membeli batu opal yang telah diikat dengan perhiasan ataupun batu opal lepas dan belum dipotong. 

Opal hitam adalah batu opal yang paling berharga, disusul dengan opal boulder, opal kristal dan opal putih. Sistem penilaian ini didasarkan pada pemikiran bahwa batu yang lebih gelap memiliki warna-warni yang lebih hidup, meski tiap-tiap batu berbeda.

Untuk petualangan batu opal, kunjungi ladang batu opal di berbagai penjuru pedalaman Australia Selatan, New South Wales dan Queensland. Ladang-ladang ini berada di situs Great Artesian Basin, yang dulunya merupakan laut pedalaman yang luas. 

Batu Opal membangkitkan dunia bawah air kuno ini, dengan warna-warni biru-hijaunya yang berpendar dan menyerupai karang. Opal juga dikenal sebagai ‘api padang pasir’, dan ditambang di beberapa wilayah paling panas dan keras di Australia. Anda dapat berkunjung ke ladang opal antara bulan April dan September, saat suhu udara tidak terlalu menyengat.

Di Coober Pedy, kota tambang unik di Australia Selatan, sebagian besar penduduk setempat bermukim di bawah tanah untuk menghidari teriknya musim panas. Menginaplah di hotel bawah tanah dan kunjungi rumah, gereja serta pertokoan di bawah tanah. 

Di atas tanah, sambangi tambang dan ladang batu opal serta saksikan demo pemotongan batu opal. Sewa kendaraan 4WD dan lakukan tamasya sehari menuju kota tambang opal lain seperti Andamooka, Mintabie dan Roxby Downs. Bersama-sama, ladang di Australia Selatan ini menghasilkan batu opal putih atau opal susu terbanyak di dunia.



Opal hitam adalah batu opal yang paling diburu di seluruh dunia, dan ditambang di Lightning Ridge, hampir 800 km di barat laut Sydney. Para pemburu keberuntungan telah berdatangan ke wilayah ini sejak tahun 1800-an dan saat ini para wisatawan pun turut bergabung untuk menikmati pengalaman di pedalaman. 

Kunjungi pertambangan di Bald Hill, berbelanja cendera mata atau bermain golf di ladang batu opal tua.  Bersantailah di spa artesis mineral, jelajahi bentang alamnya dan amati kehidupan burung asli. Kota ini menyelenggarakan ajang Black Opal Rodeo dan balap kambing yang unik saat Hari Paskah dan Lightning Ridge Opal Festival pada bulan Juli.

Jalur penjelajahan opal berliku ke arah pedalaman menuju White Cliffs, yang dulunya merupakan kota batu opal yang ramai, dan kini hanya menyisakan beberapa ratus orang saja. Jelajahi terowongan tambang yang sudah tidak digunakan lagi, tempat penduduk setempat tinggal selama musim panas dan saksikan kristal opal yang disukai berkat kejernihan dan warnanya yang sangat bening.

Batu opal boulder merupakan ciri khas Queensland, dan dapat Anda buru di sekitar desa pedalaman terpencil seperti Quilpie, Yowah dan Opalton. Anda dapat membeli batu opal kasar dan opal poles di Festival Opal Yowah yang semarak pada bulan Juli atau kunjungi Opalton, tempat bongkahan batu opal terbesar ditambang pada tahun 1899.

Berburu opal di pedalaman atau beli batu opal di toko di dalam kota. Apa pun pilihan Anda, batu permata Australia yang unik ini akan menjadi kenangan manis petualangan Anda di Australia.




Batu Permata Opal Australia Batu Permata Opal Australia Reviewed by Unknown on 23:49 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Kwanyar News. Powered by Blogger.