Perbedaan Batu Permata dan Batu Akik

 

Bedanya Perhiasan Batu Permata dan Batu Akik


Saat ini masyarakat di Tanah Air tengah dilanda demam batu akik. Hampir di setiap sudut kota, ada saja terlihat tempat-tempat penjualan batu akik maupun perhiasan berhiaskan batu akik. Namun, ternyata masih banyak yang belum bisa membedakan antara batu permata dan batu akik.

Untuk memperoleh penjelasan soal batu permata dan batu akik, Kompas Female menghubungi Agung Setiawan yang berdomisili di Bantul, Yogyakarta. Agung adalah seorang penggemar batu akik sekaligus gemspreneur atau wirausaha batu akik. Dengan gamblang, Agung memberikan penjelasan soal perbedaan antara batu permata dan batu akik.


"Batu akik itu adalah batuan alam yang diperoleh dari fosil atau muntahan lava gunung. Kami biasanya menambang batu akik di aliran sungai yang berasal dari gunung. Batu akik itu memang batuan yang sudah ada di permukaan bumi," ujar Agung ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (4/5/2015).

Batu akik, kata Agung, terdiri atas berbagai macam jenis, misalnya agate, pancawarna, dan bacan. Menurut Agung, setiap daerah di Indonesia memiliki batu akik khas yang tidak ditemui di daerah lainnya. Batu akik harus melalui proses pemotongan, penggosokan, dan proses lainnya sebelum akhirnya digunakan sebagai perhiasan, seperti cincin atau liontin kalung.

Sementara itu, Agung berpendapat bahwa batu permata berbeda dengan batu akik. "Kalau batu permata itu ditambang, digali dari perut bumi. Beda dengan batu akik yang memang sudah ada di permukaan, seperti yang biasa dilakukan dengan mencari di sungai-sungai," jelas Agung.

Batu-batu yang digolongkan sebagai batu permata antara lain zamrud, safir, ametis, dan intan. Batu-batu permata lazimnya digemari oleh kaum wanita untuk dijadikan sebagai perhiasan, seperti anting, kalung, cincin, gelang, ataupun hiasan yang disematkan pada busana. Salah satunya adalah Kate Middleton, istri Pangeran William dari Inggris, yang mengenakan cincin pertunangan berupa batu safir berwarna biru milik Lady Diana.

Agung berpendapat, kaum wanita memang cenderung lebih menggemari batu permata ketimbang batu akik. Sebab, batu permata biasa diolah menjadi ukuran kecil dan tampilannya lebih cantik bagi kaum wanita. Adapun batu akik, menurut dia, lebih banyak digemari kaum pria.

"Wanita itu jarang yang suka batu akik. Kalaupun ada, ya tidak banyak. Batu permata seperti safir, zamrud, itu yang lebih disukai wanita. Alasannya karena ukuran menurut saya, batu akik itu biasa dipakai oleh pria," ungkap Agung.
Perbedaan Batu Permata dan Batu Akik Perbedaan Batu Permata dan Batu Akik Reviewed by Kwanyar News on 02:20 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Kwanyar News. Powered by Blogger.